11 Lessons from Bootstrapping a Non-Tech Startup: The brutal journey from idea to reality

11 Lessons from Bootstrapping a Non-Tech Startup: The brutal journey from idea to reality

SBMPTN Pendalaman alkitab halaman 158-159 buku agama kelas X

Pendalaman alkitab halaman 158-159 buku agama kelas X

Perkataan yang dipakai untuk menjelaskan pembaharuan:

  1. 2Korintus 4:16 Pembaharuan manusia bathiniah
  2. Yohanes 3:3-6 Pembaharuan melalui air dan roh
  3. Kolose 3:8-10 menanggalkan manusia lama dan mengenakan manusia baru:

Alasan dibaharui :

  1. Manusia bersifat fana. Dan akan mati tetapi pertobatan dan hidup baru akan membawa keselamatan dan hidup kekal.
  2. Supaya memperoleh keselamatan.
  3. Untuk memperoleh pengetahuan yang benar tentang khaliknya.

Pembahasan :

         Untuk menjadi bagian dari anggota Kerajaan Allah manusia harus memasuki suatu hubungan yang baru dengan Allah, bertobat dan memiliki hidup baru. Melalui iman dan percaya kepada Allah di dalam Yesus Kristus, kamu menerima karunia Roh yang mengubah hidupmu menjadi manusia yang berbeda dari sebelumnya. Misalnya, jika dulu kamu jarang berdoa dan membaca Alkitab, maka sekarang kamu menjadikan doa dan membaca Alkitab sebagai kebiasaan hidup kamu. Jika dulu kamu ingin bermusuhan dengan semua orang atau teman, maka sekarang kamu lebih suka hidup dalam perdamaian dengan sesama. Pada masa lalu kamu tidak suka menolong, kini kamu suka menolong orang lain, jika sebelumnya kamu tidak suka belajar, maka kini kamu rajin belajar. Pada masa lalu kamu suka melakukan kekerasan dan berbagai penyimpangan, maka kini kamu menjadi orang yang lemah lembut dan melakukan hal-hal baik dan benar. Dalam kaitannya dengan alam, kamu memiliki pemahaman yang baru mengenai alam bahwa alam adalah ciptaan Allah yang harus dijaga dan dipelihara, manusia membutuhkan alam bagi keberlangsungan hidupnya dan alam membutuhkan manusia untuk menjaga dan merawatnya. Tindakan manusia yang mengeksploitasi, merusak serta menghancurkan alam merupakan tindakan yang tidak menghargai ciptaan Allah dan secara tidak langsung menghancurkan kehidupan manusia yang bergantung pada alam.

          Di masa lalu, pemahaman terhadap pembaharuan hidup cenderung lebih dikaitkan dengan manusia semata-mata terutama pada kehidupan spiritual. Padahal pembaharuan hidup mencakup keutuhan seluruh ciptaan termasuk alam semesta tempat manusia hidup dan bertumbuh. Pembaharuan hidup tidak hanya menyangkut kehidupan spiritual semata-mata namun kehidupan manusia secara utuh. Manusia sebagai makhluk ciptaan yang telah diselamatkan dan dibaharui adalah manusia yang utuh.

         Mungkin kamu bertanya, bukankah Tuhan Yesus sudah menyelamatkan manusia dan melalui keselamatan itu, manusia memperoleh pembaharuan hidup? Mengapa manusia harus dilahirkan kembali? Yesus memang telah menyelamatkan manusia dari hukuman dosa, justru karena manusia telah diselamatkan maka tiap orang percaya perlu menanggapi keselamatan itu melalui pertobatan dan hidup baru. Setiap hari manusia berhadapan dengan berbagai godaan dan tantangan, setiap kali kita jatuh ke dalam dosa kita membutuhkan pertobatan dan pembaharuan hidup.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang pengertian alkitab brainly.co.id/tugas/6439770

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

[answer.2.content]